HALLO SOB!, SEMOGA HARIMU MENYENANGKAN!!!
Home » » Fakta-fakta Menarik Tentang Semut

Fakta-fakta Menarik Tentang Semut

On 8/6/16 | 5:31 PM

   Menurut Wikipedia semut adalah semua serangga anggota suku formicidae, bangsa hymenoptera. Salah satu hal yang menarik dari semut ini adalah semut memiliki lebih dari 12.000 jenis(spesies) dan sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.
   Yaa begitulah kata si wikipedia. Menurut saya sih serangga kecil ini menarik sekali untuk dibahas. tubuhnya yang kecil yang selalu diabaikan ketika sedang sendiri dan bisa membuat kita panik ketika mereka datang dengan jumlah yang banyak membuat saya tertarik untuk mencari dan menulis artikel tentang serangga unik ini. Untuk lebih jelasnya yuk simak fakta-fakta tentang serangga yang satu ini!.

  • Hidup Bersama Dinosaurus.
   Penelitian menunjukkan bahwa mereka sudah ada sejak zaman dinosaurus. Mereka telah berevolusi selama 130 juta tahun yang lalu selama awal periode cretaceous. Menurut wikipedia Periode Kapur atau Cretaceous adalah salah satu periode pada skala waktu geologi yang bermula pada akhir periode Jura dan berlangsung hingga awal Paleosen atau sekitar 145.5 ± 4.0 hingga 65.5 ± 0.3 juta tahun yang lalu.

  • Mampu Membawa Benda 50 Kali Lebih Berat Dari Badan Mereka.
   Pada kenyataannya seekor semut mampu membawa benda yang beratnya 50 kali lebih berat dari badan mereka. Semut mempunyai otot yang lebih tebal daripada hewan yang lebih besar atau bahkan manusia sekalipun.

  • Semut Akan Memperbudak Semut Lain, Menjaga Tawanan Mereka, dan Membuat Mereka Melakukan Pekerjaan Untuk Koloni.
   Beberapa dari spesies semut akan mengambil tawanan dari spesies semut lain untuk melakukan pekerjaan koloni mereka sendiri.

  • Rentang hidup rata-rata seekor semut adalah 45 sampai 60 hari.
  • Semut menggunakan antena sebagai peraba dan pembau.
  • Ada setidaknya satu ratu dalam setiap koloni semut.
  • Semut memiliki otak terbesar di antara semua serangga. Dikatakan bahwa kekuatan pemrosesan dalam otak semut setara dengan komputer Macintosh II.
  • Ketika seekor semut pekerja menemukan sumber makanan, ia akan meninggalkan jejak aroma untuk menarik semut lain agar datang ke lokasi tersebut.
  • Semut dewasa tidak dapat menelan makanan padat. Mereka bergantung pada jus (sari makanan) yang diperoleh dari potongan-potongan makanan padat.
  • Semut memiliki kaki yang sangat kuat yang membantu mereka berjalan dengan cepat.
   Dan itulah fakta-fakta yang saya dapatkan dari beberapa sumber. Bagaimana?, menarik sekali bukan?. silahkan tinggalkan jejak sob!.

Sumber :
http://www.about.com/
http://id.wikipedia.org/
http://amazine.co/
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2018. Zovareo . All Rights Reserved.
Powered by Blogger